7 Tips Solo Backpacking di Kuala Lumpur yang Perlu Sobat Perhatikan

Perhatikan Tips Solo Backpacking di Kuala Lumpur

Bagi para pecinta backpacker melakukan solo backpacking merupakan suatu kesenangan dan pencapaian tersendiri. Terlebih lagi melakukan perjalanan solo ke luar negeri. Bagi sobat readingonthefarm.com yang belum pernah melakukan solo backpacking tentunya akan banyak pertimbangan seperti destinasi, budget hingga kendala bahasa.

Untuk backpacker pemula, Kuala Lumpur adalah salah satu destinasi yang pas untuk solo backpacking. Selain suasananya yang lebih nyaman karena menyerupai Indonesia, budget perjalanan ke Kuala Lumpur juga relatif murah untuk bepergian solo dan kecil kemungkinan adanya kendala bahasa.

Tips Solo Backpacking di Kuala Lumpur

Untuk sobat yang masih pemula dan ingin melakukan solo backpaking keluar negeri dan memutuskan memilih Kuala Lumpur, beberapa tips dibawah ini bisa membantu.

1. Rajin Mencari Info

Perencanaan solo backpacking yang pertama adalah menentukan destinasi yang akan kita kunjungi selama disana beserta cara transportasinya. Untuk mencari ulasan tentang obyek wisata di Kuala lumpur sobat bisa mengunjungi situs pariwisata Malaysia atau membaca review dari traveller blogger.

Bagi sobat yang lebih suka membaca buku daripada mencari di internet bisa menggunakan buku ‘Budget Traveling: Melancong Hemat ke Kuala Lumpur’ karya Budi Sulistyo terbitan tahun 2011. Untuk buku yang lebih baru ada ‘Family Backpacking Singapore dan Malaysia’ tulisan duet Olenka Priyadarsani dan Tesyablog yang terbit tahun 2015.

2. Rencanakan Waktu Keberangkatan dengan Cermat

Menentukan waktu keberangkatan sangat penting. Apakah saat musim liburan, saat cuti akhir tahun atau mungkin saat Ringgit Malaysia (RM) sedang agak murah. Untuk pemula sebaiknya pilih saat low season, dan karena harus merencanakan kepergian dengan hati-hati.

Simak Juga: Tips Liburan Hemat di Tokyo Jepang, Budget Pas-pasan Tetap Bisa Nyaman

Dan sebaiknya sobat tidak menunggu saat ringgit sedang murah atau tidak karena kurs mata uang cenderung berubah dengan cepat. Dikhawatirkan ketika menunggu kurs turun sobat malah tidak sempat mempersiapkan kepergian dengan matang.

3. Memesan Tiket dan Uang Tunai

Setelah menentukan destinasi dan waktu keberangkatan sobat bisa mulai memesan tiket. Tiket sebaiknya dipesan agak jauh hari agar lebih murah, pemesanan tiket ini lebih praktis jika sobat lakukan secara online.

Untuk uang tunai sobat tidak perlu khawatir. Selain bisa menukar di bank tanah air sebelum berangkat, di Kuala Lumpur ada banyak ATM visa, mastercard atau ATM bersama yang bisa tarik tunai Ringgit Malaysia.

Sebagai tambahan info, menarik uang lewat ATM akan lebih murah dibanding sobat menukar di money changer.

4. Memesan Penginapan Sebelum Berangkat

Ketika tiket sudah dipesan, destinasi wisata sudah ditentukan sobat sebaiknya memesan penginapan. Hal ini akan memudahkan sobat sesampainya sobat disana. Sebaiknya pilih penginapan yang dekat dengan Destinasi wisata yang kita inginkan dan dekat dengan beberapa stasiun LRT maupun monorail.

Di Kuala Lumpur, salah satu lokasi yang cocok untuk menginap salah satunya adalah di kawasan Central Market karena kawasan ini dekat dengan beberapa destinasi wisata unggulan dan dekat dengan stasiun.

5. Beli Kartu untuk Bekal Transportasi

Beberapa moda transportasi di Kuala Lumpur adalah commuter line, monorail dan LRT yang bisa kita akses dengan kartu Touch n Go atau My Rapid Kl yang bisa dibeli di KL Sentral. Sobat bisa membeli kartu dengan isi perdana paling murah. Membeli kartu adalah opsi paling murah dibandingkan dengan membeli koin.

Ada pula Bus GO KL yang siap mengantarkan secara gratis, Bus dengan tagline ‘Save money, convinient and eco-friendly’ ini berwarna pink dengan dengan 4 trayek/line yang dibedakan beberapa warna dan antar line saling terkoneksi.

Selain itu ada pula bus gratis di Putrajaya, ‘Putrajaya Seightseing’. Kalau Kamu berencana ke Putrajaya, upayakan di bawah jam 3 sore karena memang bus tesebut hanya beroperasi sampai jam 3 sore. Tidak disarankan naik taksi jika tidak sangat terpaksa.

6. Buat Rundown Harian

Agar rencana perjalanan bisa maksimal sobat wajib membuat rundown harian tempat yang akan dikunjungi. Usahakan tempatnya berdekatan agar tidak merepotkan dan efisien waktu, selain itu jangan lupa perhatikan jam buka dan tutup lokasi wisata yang akan dikunjungi.

7. Tetap Waspada, Jangan Ragu Berinteraksi & Bertanya

Saat solo backpacking sobat wajib waspada namun adakalanya berinteraksi dengan warga lokal memberikan sensasi tersendiri. Yang perlu diingat berinteraksi sewajarnya dan apabila membutuhkan bantuan sebaiknya memilih bertanya kepada petugas yang bersangkutan.