Tangani Jerawat Akibat Stres Berkepanjangan yang Dipicu Pandemi

Tips Tangani Jerawat Akibat Stres Berkepanjangan yang Dipicu Pandemi

Mengunjungi klinik dermatologi adalah salah satu solusi ampuh untuk menangani masalah kulit seperti jerawat. Sayangnya, di masa pandemi seperti sekarang, physical distancing menyulitkan banyak orang untuk bebas keluar rumah.

Bukan hanya itu, tekanan batin yang ditimbulkan akibat Covid-19 membuat banyak orang menjadi takut dan stress. Hal itu secara tidak langsung akan memperparah jerawat yang muncul di wajah. Supaya kulit tak mengalami masalah berkepanjangan yang diakibatkan oleh stres pikiran, berikut langkah-langkah yang bisa diambil untuk mengatasinya.

1. Redakan jerawat dengan kompres air hangat

Anda bisa mengambil langkah simpel seperti mengompres jerawat dengan air hangat. Suhu yang tak terlalu panas maupun dingin membuka pori-pori terbuka untuk memudahkan pembersihan kotoran. Kemudian, air hangat yang dicampur dengan garam akan membantu mengendalikan produksi minyak.

2. Aplikasikan es batu yang dicampur teh hijau

Sejumlah uji klinis membuktikan bahwa teh hijau mampu menangani jerawat dengan mengurangi produksi sebum. Selain itu, sifat anti-bakteri dari teh hijau dapat meredakan jerawat yang sedang meradang. Membuat es batu dari seduhan teh hijau pun bisa menjadi opsi alternatif yang aman bagi Anda untuk mengatasi jerawat yang dipicu stres berkepanjangan.

3. Pastikan tubuh selalu terhidrasi

Rutin minum air putih, setidaknya dua liter per hari, akan membantu Anda mengatasi timbulnya jerawat selama masa pandemi Covid-19. Tubuh yang terhidrasi akan memaksimalkan performa dari organ-organ tubuh, termasuk menjaga asupan cairan pada kulit wajah. Dampingi dengan konsumsi buah dan sayur supaya Anda tetap ternutrisi.

4. Atasi jerawat dengan obat yang sesuai

Menggunakan obat merupakan langkah cepat yang dapat diambil untuk menangani jerawat yang disebabkan stres. Sebelum membeli produk, ada baiknya Anda konsultasi dengan ahli atau dokter untuk memastikan kondisi kulit wajah. Hal ini diperlukan untuk mendapatkan perawatan tepat karena kebutuhan setiap kulit berbeda-beda. Anda bisa melakukan konsultasi online bersama dokter spesialis kulit. Klinik ERHA adalah salah satu klinik yang menyediakan layanan tersebut di tengah pandemi ini. Layanan ERHA ini bisa Anda dapatkan dengan mengakses bit.ly/ERHAdirumahaja.

5. Ganti rutinitas pemeliharaan kulit wajah

Jika langkah-langkah di atas belum memberikan hasil yang diharapkan, periksa rutinitas pada perawatan kulit wajah. Barangkali ada produk yang sebenarnya kurang sesuai dan memperparah jerawat. Pastikan Anda memakai pembersih dengan pH seimbang, serum vitamin C, dan masker yang komposisi bahannya sesuai dengan jenis kulit.

6. Mengelola stres sebaik mungkin

Ketidakpastian yang terus dibawa Covid-19 tak dipungkiri memperburuk stres yang dirasakan beberapa orang. Namun, jangan sampai Anda tenggelam dalam ketakutan tersebut. Kelola stres dengan melakukan kegiatan yang menenangkan seperti berjemur, yoga, meditasi, atau bicara bersama teman dekat dan keluarga.

7. Melakukan treatment di rumah

Di tengah pandemi ini, Anda bisa memanjakan diri Anda dengan melakukan Home Treatment. Cobalah mencari tahu tentang klinik dermatologi terpercaya yang menyediakan layanan tersebut, salah satu contohnya klinik ERHA. Anda bisa menikmati layanan Home Treatment dari ERHA untuk perawatan C-Immune Injection atau C-Immune Injection & B-Energetic Injection untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi virus. Perawatan injeksi ini lebih efektif dari pada konsumsi suplemen karena cairan langsung diinjeksikan ke aliran darah tanpa melewati proses pencernaan terlebih dahulu.