Percobaan Kimia Sederhana Membuat Baterai dari Koin

Percobaan Kimia Membuat Baterai dari Koin

Percobaan Kimia Sederhana Membuat Baterai dari Koin. Penjelasan dan praktik membuat baterai dari koin yang merupakan bagian dari ilmu pelajaran kimia. Sangat cocok buat sobat yang gemar bereksperimen, terutama dalam upaya percobaan kimia yang sederhana.

Dewasa ini sudah jamak dijumpai alat elektronik yang mengandalkan baterai sebagai sumber listrik. Jika sebelumnya telah kami sajikan untuk sobat artikel tentang dunia kecantikan tips mencuci rambut yang baik dan benar, maka tak ada salahnya jika kali ini akan kami coba hadirkan informasi mengenai percobaan membuat baterai dari koin di blog READINGONTHEFARM.COM.

Tahukah sobat bahwa di dalam aliran listrik yang berasal dari baterai tersebut telah terjadi proses kimia di dalamnya. Yakni perubahan bahan-bahan kimia menjadi tenaga listrik. Adapun proses kimia yang merubah zat kimia menjadi energi listrik itu dikenal dengan istilah elektrokimia

Nah, kali ini kami akan mengajak sobat membuat sebuah percobaan kimia sederhana untuk membuat baterai dari koin. Pasti sobat penasaran, kok bisa bagaimana ceritanya koin bisa dirakit menjadi baterai atau sumber energi listrik.

Percobaan Kimia Sederhana Membuat Baterai dari Koin

Tujuan dari percobaan kimia ini adalah agar sobat jadi paham bagaimana sebenarnya cara kerja sebuah baterai dalam menghasilkan energi listrik..

Dibawah ini adalah penjelasan lebih rinci bagaimana cara membuat baterai dari koin, sehingga bisa menghasilkan listrik.

Pertama-tama mari kita persiapkan bahan-bahan yang akan kita gunakan dalam percobaan kimia sederhana ini.

Bahan-bahan yang digunakan:

  • Uang koin tembaga, yaitu uang koin yang berwarna kuning keemasan, misalnya adalah koin pecahan Rp. 100 tahun 1991-1998 dan Rp. 500 tahun 1991-2003
  • Uang koin alumunium, yaitu uang koin yang berwarna abu-abu perak metalik, misalnya pecahan koin Rp. 100 tahun 1999, Rp. 200 tahun 2003 dan Rp. 500 tahun 2003.
  • Cuka
  • Garam
  • Kawat tembaga
  • Lampu LED
  • Kapas
  • Mangkuk
  • Lakban

Cara Membuat Larutan Elektrolit

  1. Sobat masukkan cuka dan garam ke dalam sebuah mangkuk. Perlu sobat ketahuai bahwa fungsi dari campuran cuka dan garam ini adalahsebagai larutan elektrolit.
  2. Lalu sobat celupkan kapas ke dalam mangkuk larutan elektrolit, diamkan beberapa saat agar kapas mampu menyerap tersebut. Oh ya sobat, untuk seberapa banyak kapas silakan sobat sesuaikan dengan banyaknya koin yang sobat gunakan.

Cara Membuat Baterai dari Koin

  1. Pertama-tama sobat susun koin alumunium dan tembaga secara selang-seling sehingga nantinya membentuk batangan.
  2. Kapas yang tadi telah basah dengan larutan elektrolit silakan sobat masukkan di setiap sela-sela antara koin alumunium dengan tembaga. Oh ya sobat, semakin banyak koin yang sobat gunakan maka potensi listrik yang dihasilkan akan semakin besar pula.
  3. Pastikan sobat menyusun baterai dengan benar, yaitu meletakkan posisi koin alumunium pada bagian atas, dan koin temabga pada bagian bawah baterai.

Cara Mengetes Listrik yang Dihasilkan

  1. Saatnya pengetesan apakah baterai dari susunan koin tersebut menghasilkan energi listrik. Caranya dengan menyiapkan kawat tembaga dan lampu LED, kemudian tempelkan lampu di salah satu ujung kawat, lalu rekatkan dengan menggunakan lakban.
  2. Sobat coba tempelkan ujung kawat pada bagian bawah baterai, dan tempelkan lampu LED pada bagian atas baterai.

Daya yang dihasilkan oleh baterai akan mampu menyalakan lampu LED. Dan jika lampu LED menyala, itu artinya percobaan kimia yang sobat lakukan berhasil.

Demikianlah sajian kami untuk percobaan membuat baterai dari koin, semoga memberikan manfaat untuk sobat semuanya. Jangan lupa simak juga update lainnya yang tak kalah menariknya, alternatif bahan kebaya selain brokat dari kategori fashion, serta artikel kesehatan yang membahas bahaya minum sambil berdiri di halaman lainnya di website READINGONTHEFARM.COM.