4 Cara Mudah Menyeting Fuel Injection Pump Mobil Tanpa Harus ke Bengkel

Cara Menyeting Fuel Injection Pump Mobil dengan Mudah Tanpa ke Bengkel

Tips bagaimana langkah-langkah untuk menyeting pompa injeksi bahan bakar pada mobil dengan mudah, sehingga sobat tidak perlu membawanya ke bengkel untuk reparasi. Apa kabar sobat otomotif, kali ini kami akan berbagi informasi atau tips mengenai cara menyetel injection pump pada mobil dengan mudah dan benar.

Fuel Injection Pump

Apa itu fuel injection pump? Mungkin bagi sebagian orang masih belum tahu dengan komponen mobil yang satu ini. Injection pump atau yang biasa di sebut pompa injeksi bahan bakar adalah salah satu komponen mobil yang berfungsi sebagai pensuplay bahan bakar yang menuju ke nosel dengan tekanan yang tinggi maksimal 300 kg/cm2.

Selain itu, fuel injection pump juga berperan sebagai penentu timing penyemprotan yang ideal, serta jumlah bahan bakar yang akan disemprotkan. Seperti yang sobat tahu, bahwa banyak orang yang ingin memiliki sebuah kendaraan atau mobil diesel yang bertenaga dan tidak sedikit juga yang mengakalinya dengan berbagai cara supaya mobil yang mereka miliki menjadi lebih bertenaga.

Cara Menyeting Fuel Injection Pump

Salah satu cara agar mobil menjadi lebih bertenaga yaitu dengan melakukan penyetelan pada bagian pompa injeksi bahan bakar atau injection pump. Nah, bagi sobat yang ingin melakukan penyetelan pada injection pump pada mobil yang sobat miliki, berikut ini merupakan beberapa cara atau langkah untuk menyetel injection pump pada mobil yang mungkin dapat sobat praktikkan di rumah.

1. Menyetel Ulang Nosel

Langkah pertama yang dapat sobat lakukan adalah menyetel ulang nosel. Nosel (nozel atau nozzle) merupakan sebuah komponen mobil yang berperan sangat penting dalam penginjeksian bahan bakar.

Dengan melakukan penyetelan ulang pada nosel, mesin mobil sobat pun akan menjadi lebih kenceng dan bertenaga lagi. Mengingat komponen ini merupakan bagian yang paling penting, maka sobat harus selalu merawat dan memeriksanya dengan rutin.

Pasalnya, jika noesl tidak dirawat secara rutin dan teratur, maka kemungkinan besar lubang kecil yang ada pada nosel bisa saja tertutupi oleh kerek ataupun kotorang yang terbawa dari bahan bakar.

2. Menambahkan RPM

Selanjutnya yaitu menambah atau memodifikasi pada bagian RPM. Sobat pun dapat menambahkan RPM mesin mobil tersebut agar mesin dapat berputar lebih kenceng lagi, karena telah mendapat tambahan tekanan pada bagian Governor-nya.

Dengan melakukan cara tersebut, secara otomotis injection pump pun akan mempengaruhi mesin mobil supaya bisa berputar lebih kencang dari sebelumnya. Dengan demikian nafas pada mesin mobil pun akan menjadi lebih panjang serta dapat menaikan tenaga. Namun perlu sobat ingat, jangan sampai menaikan RPM terlalu tinggi, karena akan berakibat fatal dan dapat menyebabkan kruk as-nya menjadi patah.

3. Mengatur Waktu Pembakaran

Untuk langkah yang terakhir yaitu memajukan saat pembakaran. Injection pump ini sengaja dipasang supaya menambakkan bahan bakar sebelum TMA (Titik Mati Atas) kompresi. Untuk dapat membuat mesin lebih bertenaga, bisa dikerjakan dengan cara memajukannya waktu pembakaran supaya sama dengan saat TMA.

Pasalnya, hal tersebut berpotensi membuat pembakaran menjadi lebih optimal. Dalam memajukannya mesti dengan cara yang benar, sebab apabila sangat maju berpotensi menyebabkan suara menjadi kasar dan mesin pun akan menjadi panas serta dapat memperpendek usia mesin.

4. Menyetel Minyak

Semakin banyak minyak yang dikeluarkan maka akan semakin besar pula tenaga yang di hasilkan. Namun, apabila terlal berlebihan malah akan berdampak buruk. Sebab, apabila sangat banyak memberikan minyak malah dampak yang muncul kebalikan dari apa yang dikehendaki, yakni membuat mesin mobil menjadi tidak bertenaga. Hal itu dikarenakan komposisi udara dan bahan bakar jadi tak sesuai.

Sobat bisa memakai teknik serta cara di atas untuk menambah kinerja tenaga mesin diesel mobil yang sobat miliki, namun sebatas anjuran apabila dalam hal menyetel minyak sebaiknya dikerjakan paling akhir saja. Sebab apabila mesin makin bertenaga tentu bahan bakar yang dikonsumsi akan makin boros serta cepat menyusut. Pemicunya adalah karena pembukaan bahan bakar akan jadi lebih kecil dari sebelumnya, misalnya seperti saat belum alami tune-up.

Nah sobat readingonthefarm.com, itulah cara dan langkah-langkah bagaimana menyeting fuel injection pump pada mobil yang dapat kami bagikan kepada sobat semua. Semoga informasi tips di atas tadi bisa bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan serta wawasan sobat dalam dunia otomotif. Namun, jika sobat masih belum paham mengenai mesin, sebaiknya sobat minta bantuan mekanik yang ahli dalam mengatasi pompa bahan bakar, atau silakan bawa mobil sobat ke bengkel resmi yang terpercaya.