3 Cara Bore Up Yamaha Mio Harian Menjadi 150 cc, Motor Lebih Kenceng

Cara Bore Up Yamaha Mio Menjadi 150cc Motor Matic Lebih Kenceng

Tips bagaimana cara ngulik mesin motor matik yamaha mio menjadi 150 cc untuk kebutuhan sehari-hari, sehingga motor mio sobat bisa lebih kenceng larinya dan meningkat performanya. Apa kabar sobat para pecinta otomotif tanah air yang berbahagia? Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi sedikit tips untuk sobat semua yang ingin melakukan bore up pada motor kesayangan sobat, yakni matic Yamaha Mio.

Yamaha Mio

Di sini kami akan membahas tentang cara bore up pada salah satu motor matik yang sudah sangat populer di Indonesia, yaitu motor Mio. Seperti yang sobat tahu, bahwa skuter matik Yamaha Mio non injeksi memiliki kapasitas mesin standar sebesar 113,7 cc, namun kebanyakan dari para pemiliki motor Mio ini masih menginginkan performa yang lebih bertenaga dan lebih kenceng dari kapastias mesin standarnya.

Cara Bore Up Motor Mio

Dan salah satu cara agar motor Mio sobat menjadi lebih kenceng dan bertenaga lagi yaitu dengan melakukan cara bore up motor mio menjadi 150cc yang tetap aman untuk harian.

1. Piston Suzuki Thunder 125

Dengan melakukan cara tersebut, tentunya kapasitas mesin dari Yamaha Mio akan bertambah menjadi 150 cc. Nah, langsung saja sobat bisa mencoba cara yang pertama, dimana sobat bisa menaikkan diameter piston motor Mio yang standar yaitu hanya 50 mm.

Atau sobat bisa mengganti piston yang berdiameter 57 mm. Dengan perhitungan (1 /4 x 3 ,14 x (57 )² x 57,9 ) : 1000, maka motor Mio sobat bisa menghasilkan kapasitas mesin sebesar 147, 67 cc. Selanjutnya sobat bisa mengganti liner standar dangan liner yang disesuaikan dengan ukuran piston yang sobat gunakan, meisalnya menggunakan piston dari motor Suzuki Thunder 125.

2. Piston Honda GL Neo Tech & Yamaha Vixion

Selain menggunakan piston dari motor Suzuki Thunder 125, untuk dapat menaikkan performa mesin standar dar motor Mio, sobat juga bisa menggunakan piston dari Honda GL Neo Tech atau bisa juga dari motor Yamaha Vixion. Khususnya untuk yang menggunakan piston dari Suzuki Thunder 125 dan juga Yamaha vixion, sobat harus menyetel atau menyesuaikan dengan bagian diameternya. Hal tersebut dibebabkan karena pin standar dari Yamaha Mio hanya memiliki ukuran 15 mm, sementara pin dari Suzuki Thunder 125 serta Yamaha Vixion yaitu berukuran 14 mm.

3. Piston Motor Bebek

Kemudian agar motor Mio sobat performanya dapat meningkat, sobat bisa juga menggunakan piston yang memiliki ukuran 54,5 mm. Untuk dapat meningkatkan stroke atau panjang langkah, maka sobat bisa memakai ukuran total 6 mm yang telah disesuaikan dengan aturan maksimum stroke dan juga ukuran ini dianggap yang sangat pas.

Simak Juga: Cara Mudah Menyeting Fuel Injection Pump Mobil Tanpa Harus ke Bengkel

Karena bila perhitungan tersebut dimasukan ke dalam rumus, maka hasil dari persobat dan juga pembagiannya akan bertemu dengan kapasitas mesin menjadi 148,99 cc. Untuk mengerjakan cara yang kedua ini memang memerlukan waktu yang cukup lama jika dibandingkan dengan cara pertama.

Pada pengaplikasian tersebut tidak memerlukan cara boring, akan tetapi penyesuaian pin juga harus dilakukan dibeberapa piston yang biasa digunakan. Misalnya seperti pada seher bawaan dari Yamaha Jupiter dan Kawasaki Kaze yang berdiameter 13 mm. Tapi jika yang dipasangnya piston dari Suzuki Shogun ataupun Yamaha Jupiter MX, maka tidak perlu mengganti pin.

Demikian sedikit tips tentang cara mudah bore up motor matik mio menjadi 150 cc yang dapat kami bagikan untuk sobat readingonthefarm.com. Semoga tips kali ini bisa bermanfaat bagi sobat yang ingin ngulik mesin guna meningkatkan speed dan performa motor skutik Mio.